ANALISIS PERBEDAAN BIRO PERJALANAN WISATA (BPW) DAN ONLINE TRAVEL AGENT ( OTA)
Oleh
:
SETYAANINGSIH
Pariwisata
C
17
/ 416457 / SV / 14195
Dalam ruang lingkup kepariwisataan
, Akomodasi dan Aksesbikitas merupakan komponen penting yang mendukung perjalanan wisata yang melibatkan Biro
Perjalanan Wisata (BPW) dan APW (Agent
Perjalanan Wisata).
ANALISIS
BIRO PERJALANAN WISATA (PESONAINDO DAN DWIDAYA TOUR)
Berdasarkan Surat Keputusan Direkur Jenderal Pariwisata No. Kep. 16/U/II/88 tanggal 25 Februari 1988
tentang pelaksanaan Ketentuan Usaha
Perjalanan, pada Bab I Penelitian Umum Pasal 1, memberi pengertian dengan
batasan sebagai berikut : “Biro Perjalanan Usaha adalah kegiatan usaha yang
bersifat komersil yang mengatur, menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan
bagi seseorang, sekelompok orang, untuk melakukan perjalanan dengan tujuan
utama untuk berwisata”.
Pesona
Indo merupakan Biro Perjalanan Wisata yang didirikan pada Tahun2012.Pesona
Indonesi disirikan pertama kali di Wedomartani ,Kalasan ,Yogyakarta dengan
hanya menganndalkan 2 karyawan.Biro Perjalaanan Wisata ini mengedapankan aspek
sinergi , Keprimaan, Integritas ,kehandalan , Inovatif dan Proaktif.
Berdiri
sejak 19 Juli 1967, PT Dwidaya World Wide dipercaya sebagai salah satu travel
agent terbesar di Indonesia. Di bawah nama brand Dwidayatour, kami memiliki
lebih dari 90 cabang yang tersebar di kota-kota besar seluruh Indonesia. Setiap
tahunnya beberapa penghargaan bergengsi berhasil didapatkan oleh Dwidayatour,
diantaranya adalah Top Travel Agent oleh beberapa maskapai penerbangan
terkemuka dunia seperti Singapore Airlines, Cathay Pacific, Qatar Airways, KLM
Royal Dutch, Garuda Indonesia, Eva Air, Lufthansa German Airlines, dan masih
banyak lagi. Integrity, Compliance (Bertanggung jawab penuh dan sungguh-sungguh
mematuhi peraturan yang berlaku), Customer Focus (Mengembangkan hubungan yang
profesional dan mengutamakan kebutuhan pelanggan),Knowledge (Proaktif dalam
berbagi pengetahuan), Change (Mengatisipasi dan menghargai perubahan) ,Humility
(Rendah hati dan jujur), Respect (Menghargai, menghormati, dan menjunjung
tinggi nilai perbedaan,Entrepreneurship (Bertanggung jawab, berpikir kritis,
berjiwa wirausaha).
Berdasarkan
Analisis saya :
1.
Pesona Indo dan Dwidaya Tour kriteria
kualitas pelayanan yang dapat dilihat langsung oleh pelanggan ketika memilih Pesona
Indo dan Dwidaya Tour sebagai jasa Biro Perjalanan. Faktor kedua adalah
Reability (Keandalan) yang dimiliki oleh website.Perjalanan Wisata akan mendapat
keuntungan apabila memiliki staf yang tanggap dan dapat diandalkan hal ini
dapat dilihat dari pojok bawah website yang terdapat kontak perusahaa dan
layanan bantuan bagi konsumen. Faktor ketiga yang mempengaruhi pemilihan jasa Pesona
Indo dan Dwidaya Tour adalah perasaan aman dan nyaman yang dirasakan oleh para
pelanggan. Dapat kita lihat bahwa faktor-faktor pendukung tersebut semua
mengacu kepada kualitas pelayanan jasa sebuah Biro Perjalanan Wisata.Hal ini
dapat dilihat pada website bahwa BPW tersebut menyediakan sevice 24 jam bagi
pelanggan yang mengeluh akan jasa yang diterimany.
2.
Pesona Indo dan Dwidaya Tour cukup lama
bergerak dalam bidang jasa Biro Perjalanan Wisata telah memberikan kinerja yang
maksimal kepada para pelanggan setianya. Hal ini dapat dilihat dari respon
positif yang diberikan oleh responden dalam setiap pertanyaan mengenai pertanyaan
dan review di google para staf yang dimiliki Pesona Indo dan Dwidaya Tour. Pesona
Indo dan Dwidaya Tour mampu berkomunikasi dan membina hubungan yang baik kepada
para pelanggannya. Mereka bersikap ramah, sopan dan memiliki empati serta
simpati yang tinggi, disamping itu mereka juga bekerja secara profesional. Hal
ini penting bagi citra pelayanan sebuah Biro Perjalanan Wisata, agar para
pelanggan selalu teringat bahwa Pesona Indo dan Dwidaya Tour memiliki Sumber
Daya Manusia yang berkualitas dan bisa diandalkan. Keluhan pelanggan dan
permasalahan yang terjadi baik di kantor maupun di lapangan terkait dengan perjalanan
wisata yang diselenggarakan oleh Pesona Indo dan Dwidaya Tour sejauh ini dapat
diselesaikan dengan baik oleh para staf. ur Para staf Pesona Indo dan Dwidaya menawarkan
solusi bagi permasalahan atau keluhan para pelanggan dalam kurun waktu yang
singkat, berbagai masalah baik di lapangan maupun di kantor dapat diselesaikan
secara langsung dan tidak meninggalkan kesan lamban bagi para pelanggan yang
memberikan keluhan.Hal ini dapat dilihat pada website masing masing bhawa
mereka mengedapankan value yang focus bagi kepuasan pelanggan. Pesona Indo dan
Dwidaya juga memberikan promo bagi pelanggannya.
3.
Kenyamanan merupakan faktor terpenting
dalam mengukur kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang telah diberikan oleh
suatu perusahaan jasa. Pesona Indo dan Dwidaya Tour memiliki beberapa paket andalan.Untuk
Travelindo terdapat paket Layanan Tiket Penerbangan, Paket Wisata Domestik
,MICE , Wisata Sekolah, sedangkan untuk Dwidaya terdapat Tour , Tiket Pesawat ,Hotel
,Paket Wisata, Visa , Atraksi, Cruise. Peredaan dari kedua website tersebut
adalah skala wisatawan yang menggunakan unuk Pesona Indo banyak digunakan
masyarakat regional sedangkan Dwidaya digunakan masyarakat Internasional hal
ini dapat dilihat dari website yang menjelaskan tentang profil perusahaan.
ANALISIS
ONLINE TRAVEL AGENT ( TRAVELOKA DAN TIKET.COM)
Usaha
yang berbasis start up online travel agencies (OTA) merupakan salah satu ranah
yang cukup banyak di lirik oleh para pelaku usaha di tanah air, beragamnya
kemunculan usaha online travel agencies ini memberikan pilihan bagi konsumen
untuk memilih situs yang lebh efisien.
1. GAMBARAN UMUM
PT.
Trinusa Travelindo atau biasa yang dikenal Travelokayang berdiri pada tahun
2012 yang berlokasi di Grand Slipi Tower Lt.39 Jl. S Parman, Jakarta Barat,
didirikan oleh Ferry Unardi dan dua rekannya yaitu Derianto Kusuma dan Albert
Zhang, Traveloka merupakan salah satu perusahaan yang berbasis teknologi yang
menyediakan layanan tiket pesawat dan reservasi hotel secara online yang
terintegrasi kedalam satu system dengan mekanisme perbandingan harga antar
maskapai yang memudahkan pelanggannya untuk memilih maskapai yang ideal bagi
mereka, dengan metode pembayaran yang beragam. Bisnis ini pada awalnya tercetus
oleh Ferry Unardi sendiri yang kesulitan dalam mencari tiket pesawat pada
destinasi tertentu dan respon yang lama dari website resmi maskapai
penerbangan.
Perusahaan yang berbasis di Jakarta ini
didirikan oleh sejumlah praktisi yang telah berpengalaman bekerja di
perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka di Silicon Valley, Amerika Serikat.
Traveloka menjadi perusahaan nasional pertama di Asia yang menerima dana
investasi dari Global Founders Capital dan East Ventures. Sejak mulai
beroperasi Traveloka terus tumbuh dengan cepat melayani pemesanan tiket secara
online bekerjasama dengan 17 maskapai diantaranya adalah Garuda Indonesia,
Citilink, Batik Air, Lion Air, Kalstar, AirAsia, WingsAir, Jetstar, Qantas
untuk lebih dari 5.769 rute penerbangan di Asia-Pasifik
PT.
Global Tiket Network atau biasa yang dikenal sebagai Tiket.com merupakan salah
satu perusahaan online travel agencies yang menyediakan pelayanan reservasi
hotel, tiket pesawat dan kereta api secara online, yang dimana usaha ini
dibentuk tahun 2011 oleh 4 co-founder yaitu Natali Ardianto, Wenas Agustiawan,
Dimas Surya dan Gaery Undarsa. Perusahaan yang berlokasi di Jln. Kawi No.45
Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta ini telah memperkerjakan lebih dari 80
orang pegawai. Tiket.com merupakan salah satu startup lokal yang tidak tidak
didanai oleh venture capital, Tiket.com hanya mengandalkan 2 pendanaan awal
dari angel investoryang dimana jumlahnya kurang dari Rp 14 Milyar. Saat ini
Tiket.com telah menjalankan bisnisnya kurang lebih 4 tahun dan telah berkerja
sama dengan berbagai maskapai lokal antara lain Garuda Indonesia, LionGroup,
tigerair, Kalstar dan Air Asia dan juga telah berkerjasama dengan beberapa
hotel ternama yaitu Ibis, BestWestern, Aston, Mercure dan Hotel Santika dll.
Berdasarkan
Analisis saya terhadap Online Travel Agent tersebut diantaranya :
1. Produk
Hotel ang ditawarkan dari Tiket.com dan Traveloka lebiih banyak Traveloka hal
ini dapat dilihat dari banyaknya produk hotel yang ditawarkan di website.
2. Layanan
Konsumen kedua produk terebut bagus.
Kedua Online Travel Agent tersebut mengedapankan pelayanan maksimal hal
inidapat dilihat pada website yang terdapat layanan bantuan yang disertai
kontak perusahaan.
3. Mengedepankan
Kepuasan Pelanggan, hal ini dapat dilihat dari kedua website tersebut gencar
melakukan promo.
4. Kecepatan
Informasi yang didaapat saat memproses website tersebut lebih cepat Traveloka
5. Harga
untuk Traveloka lebih murah dan detail informasi mengenai perjalanan , hotel maupun tiket pesawat lebih informative Traveloka.
6. Transaksi
yang dapat digunkan lebih mudah Traveloka dikarenakan banyak partner dari bank
maupun lembaga keuangan di dalamnya.
7. Kedua
dari Website tersebut memberikan layanan dan destinasi di sekitar hotel yang
diinap pelanggannya.
8. Traveloka
memberikan referensi yang baik hal ini dapat dilihat pada visual website
sedangkan Tiket.com visualnya kurang menarik
9. Kedua
Website tersebut menjamin garansi bagi setiap konsumennya.
10. Traveloka bekerja sama dengan BCA ,BNI,ATM Bersama ,Alfamart .Indomart dll dengan kontrol pemesanan yang fleksibel
11. Traveloka memberikan informasi destinasi , serta akomodasi dan atraksi yng terdapat pada suatu kawasan dan disertai dengan blog dan website yang interaktif dan informatif
12. Kekurangan Traveloka sebagai Online Travel Agent yatu hotel yang terdapat di luar negeri kurang lengkap , harga palet yang ditawarkan kadang tidak sesuai dan terdapat tambahan biaya , serta pembayaran konfirmasi kurang spesifik.
13. Tiket.com memiliki kekurangan sebagai Online Travel Agent yaitu webstite yang ditampilkan kurang menarik yang terkait dengan kerjasama produk, pilihan hotel kurang maksima dan pembayaran hanya pada bank tertentu.
10. Traveloka bekerja sama dengan BCA ,BNI,ATM Bersama ,Alfamart .Indomart dll dengan kontrol pemesanan yang fleksibel
11. Traveloka memberikan informasi destinasi , serta akomodasi dan atraksi yng terdapat pada suatu kawasan dan disertai dengan blog dan website yang interaktif dan informatif
12. Kekurangan Traveloka sebagai Online Travel Agent yatu hotel yang terdapat di luar negeri kurang lengkap , harga palet yang ditawarkan kadang tidak sesuai dan terdapat tambahan biaya , serta pembayaran konfirmasi kurang spesifik.
13. Tiket.com memiliki kekurangan sebagai Online Travel Agent yaitu webstite yang ditampilkan kurang menarik yang terkait dengan kerjasama produk, pilihan hotel kurang maksima dan pembayaran hanya pada bank tertentu.
Komentar
Posting Komentar