TUGAS OBSERVASI MANAJEMEN BIRO PERJALANAN WISATA di TURINDO TOUR AND TRAVEL Jalan Kaliurang KM 6 No 47 Yogyakarta TEMA : JENIS TOUR





Oleh :
SETYANINGSIH
Pariwisata C
17/416457/SV/14195


A.    PROFIL BIRO PERJALANAN WISATA “TURINDO TOUR AND TRAVEL”
Turindo Tour and Travel didirikan pada 1 Januari 1992 oleh Mr. Bonnie Soetedja, PT Sumber Turindo adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang agen perjalanan yang berpusat di Yogyakarta dan memiliki cabang di Klaten, Solo, Salatiga, Madiun, Magelang dan Purwokerto. Sejak 8 Mei 1993, Turindo Tour & Travel telah aktif dalam keanggotaan ASITA (Association of Indonesia Tours & Travel Agencies), keanggotaan IATA (International Air Transport Asosiation) dan secara resmi terdaftar sebagai agent penjualan ticketing Garuda Internasional serta Domestik dengan No Keagenan (Domestik = 15–0-80111, Internasional = 15-3-09346).Dengan motto perusahaan  "Total Satisfaction for Travel Solution" .Turindo berkomitmen melayani konsumen guna mendapatkan kenyamanan dan kepuasan dalam perjalanan atau liburansetiap konsumennya.
Keunggulan perusahaan ini  terletak pada pilihan pembayaran yang fleksibel serta pelayanan yang maksimal untuk kemudahan serta kenyamanan anda. Dan untuk perjalanan tour konsumennya, Turindo  mempunyai pilihan paket tour yang bervariasi baik domestik atau internasional sesuai dengan kebutuhan anda.
Turindo melayani pembayaran melalui Internet BankingATM serta pembayaran secara langsung (cash) di setiap cabang Turindo Tour & Travel. Bagi konsumen  yang ingin menggunakan pembayaran melalui kartu kredit, maka dapat menggunakannya secara online atau juga bisa menghubungi Pusat Layanan Pelanggan kami untuk rincian pembayaran dengan kartu kredit.
Perjalanan akan diatur serta layani sesuai keinginan konsumen  dan dengan sangat mudah. Tiket akan dikirimkan melalui email atau kirimkan langsung ke alamat konsumen melalui petugas operasional  di setiap cabang tedekat di daerah konsumennya tanpa biaya tambahan.

B.     LAYANAN TURINDO TOUR AND TRAVEL
Beberapa layanan yang disediakan oleh Tourindo Tour and Travel antara lain :

1.      Tiket Domestik & Internasional
Turindo Tour And Travel dapat memberikan pelayanan kebutuhan tiket Domestik dan International dari semua perusahaan penerbangan dengan harga bersaing yang efektif. Turindo Tour And Travel juga menjadi anggota dari IATA dan ASITA.
2.      Paket Wisata Tour Dalam & Luar Negeri
Berbagai Paket Wisata Tur mancanegara ke berbagai tujuan wisata terkenal di Asia, Afrika, Eropa, Amerika dan lain-lain serta Paket Wisata Tur Domestik ke Bali, Yogyakarta, Lombok dan berbagai kota tujuan wisata lainnya.
3.      Hotel Dalam dan Luar  Negeri
Turindo Tour And Travel menangani pemesanan hotel dengan segenap kelas dan kategori di mancanegara dan juga domestik dari berbagai hotel kepada para pelanggan.
4.      Dokumen & Visa
Turindo Tour And Travel melayani segenap pengurusan dokumen perjalanan seperti paspor, visa dan exit-permit bagi para pelanggan.
5.      Tour Insentif
Divisi Insentif Turindo Tour And Travel dapat mengatur penyelenggaraan program insentif dari group perorangan maupun perusahaan. Program insentif ini adalah program perjalanan yang dibuat khusus untuk keperluan satu grup tertentu baik kecil maupun besar.
6.      Rapat, Insentif, Konferensi dan Pameran
Turindo Tour And Travel juga mempunyai divisi MICE (Meeting, Incentive, Convention & Exibition) untuk menangani segenap keperluan rapat, insentif, konferensi, dan pameran bagi para peserta dan penyelenggara.
7.      Rental Mobil
Turindo Tour And Travel saat ini juga menyediakan paket rental mobil bagi para pelanggan.

C.     HASIL OBSERVASI
Berdasarkan hasil observasi pada hari Jum’at  ,14 September 2018 dapat dihasilkan data sebagai  berikut :
1.      Turindo merupakan jenis tour operator yang menjual produk dan paket dari perusahaan Turindo itu sendiri.Paket tour dari Turindo Tour and Travel terdapat 5 pilihan yaitu di Asia (Jepang,Korea,Vietnam,Thailand,,Taiwan,China,Singapore dan Malaysia,Domestik(Bali,Lombok,Yogyakarta,Manado,Belitung,Medan,Padang), Eropa ,USA,dan Amerika. Di setiap destinasi tujuan terdapat beberapa pilihan yang menarik yang berisi tentang informasi destinasi,penginapan,akomodasi, harga serta aktivitas apa saja yang dapat dilakukan. Namun kekurangan dari Turindo Tour and Travel ini belum menyediakan tour ke negera selain Negara popular untuk dikunjungi, hal ini dikarenakan kendala  waktu dan biaya fixed cost maupun variable cost  untuk melakukan riset terhadap kebutuhan dan akomodasi di negara tersebut.
2.      Turindo Tour and Travel  menyediakan jenis readymade tour yaitu Paket wisata yang telah disiapkan (pre arranged package tour) Penyiapan paket tour ini didasari dari riset kebutuhan konsumen dengan memperhatikan target/sasaran pasar yang dituju. Kunci keberhasilan dari pemasaran paket ini adalah luasnya relasi dari perusahaan terkait dan kemahiran negosiasi harga komponen tour, sehingga didapat harga jual yang bersaing.
Salah satu conntoh paket tour dapat dilihat  berikut ini :

JAPAN - 8D HOKKAIDO SAKURA BY NH DEP MAY RP 26.500.000

15:56:27, 21 Maret 2018 / Japan / Hits : 1 / Posted by turindo
HIGHLIGHT : ASAHIYAMA ZOO “PINGUIN SHOW”,  SAPPORO BEER MUSEUM,  KOIBITO, OTARU MUSIC BOX MUSEUM,  MT. USU WITH ROPEWAY, TANUKIKOJI SHOPPING, DATE JIDAIMURA “ NINJA SHOW”, LAKE MASHU, MT HAKODATE WITH ROPEWAY “BEST 3 NIGHT VIEW IN JAPAN”, HAKODATE MORNING MARKET, FREE WIFI SELAMA PERJALANAN

BONUS : TRAVEL INSURANCE

DAY 1.   JAKARTA - HANEDA DENGAN NH 856 / 21.25 - 06.50+1
Berkumpul di Bandara Soekarno Hatta  untuk penerbangan menuju Shin Chitose melalui Haneda. 

Akomodasi : Bermalam di pesawat.    

DAY 2.    HANEDA - CHITOSE DENGAN NH 55 / 09.00 - 10.35, CHITOSE - ASAHIKAWA - SOUNKYO
Sesampainya di Chitose, anda akan diantar menuju Kota terbesar kedua di Hokkaido yaitu Asahikawa untuk mengunjungi Asahiyama Zoo, dimana anda dapat melihat binatang-binatang musim dingin seperti beruang kutub, penguin, dsb. Tak lupa anda juga berkesempatan mencoba makanan khas jepang, Japanese Ramen di Asahikawa ramen village. Perjalanan dilanjutkan menuju Sounkyo area untuk bermalam.
(Makan Siang, Makan Malam)
Akomodasi: Sounkyo Taisetsu Hotel atau setaraf


DAY 3.    SOUNKYO - HIGASHI MOKOTO SHIBAZAKURA - LAKE AKAN
Hari ini perjalanan dilanjutkan menuju Higashi mokoto, sebuah taman yang ditanam dengan ratusan shibazakura berwarna pink sehingga bukit ini terlihat seperti bukit berwarna pink. Pemandangan yang sangat indah nan unik dan hanya dapat dilihat di perkiraan bulan may - june saja. Kemudian dilanjutkan menuju Lake Mashu untuk melihat pemandangan campuran antara gunung dan danau dari ketinggian. Lake mashu dikenal sebagai danau terindah dan terbersih di Jepang.  Bermalam di Lake akan area.
(Makan Pagi, Makan Siang, Makan Malam)
Akomodasi: New Akan Hotel atau setaraf


DAY 4.    LAKE AKAN - NOBORIBETSU
Setelah sarapan pagi, menuju kota Noboribetsu, dimana Anda akan diantar untuk mengunjungi Date Jidaimura  yaitu sebuah theme park yang di set seperti kota tua pada zaman Edo. Di dalamnya Anda dapat melihat cara dan kehidupan masyarakat lokal, atraksi ninja, atraksi Geisha, dan juga mencicipi makanan khas yang disajikan oleh masyarakat sekitar.
(Makan pagi, Makan Siang, Makan Malam)
Akomodasi: Noboribetsu Manseikaku atau setaraf


DAY 5.    NOBORIBETSU - LAKE TOYA - HAKODATE
Pagi ini,  anda akan diajak untuk mengunjungi Mt Usu menggunakan cable car, yang merupakan salah satu gunung berapi yang paling terkenal di Jepang. Kemudian menuju Mt Showa untuk mengunjungi bear ranch  tempat perkembiakan & perlindungan beruang Hokkaido. Perjalanan dilanjutkan menuju kota Hakodate, dimana anda akan diajak keliling kota Hakodate sebuah kota di Pulau Hokaido yang terkenal sebagai kota romantis. Dimulai dengan mengunjungi Red Brick warehouse yang terletak di pinggir laut dengan pemandangan yang sangat indah. Kemudian mengunjungi Goryokaku Tower sebuah tempat yang unik, berbentuk bintang yang bangun pada tahun tahun terakhir dari periode zaman Edo untuk membela Hakodate terhadap ancaman imperialis yang ditimbulkan oleh kekuatan barat,. Beberapa tahun kemudian tempat tersebut terjadi perang saudara antara Shogun dengan pemerintahan Meiji. Malam hari apabila cuaca memungkinkan anda akan diantar menuju Mount Hakodate dengan menggunakan ropeway / Kereta gantung, dimana Anda dapat melihat pemandangan kota Hakodate.
(Makan Pagi, Makan Siang, Makan Malam)
Akomodasi: Hakodate Resol Hotel atau setaraf



DAY 6.    HAKODATE - SAPPORO
Setalah sarapan pagi, Perjalanan dimulai dengan mengunjungi Hakodate Morning Market dimana anda dapat melihat dan menikmati kehidupan morning market masyarakat local di jepang, anda dapat melihat dan memakan langsung sashimi fresh. Kemudian menuju Sapporo, dimana Anda akan diajak city tour dimulai dengan mengunjungi Odori Park  yang merupakan pusat kota Sapporo, di tempat ini juga anda berkesempatan menikmati Hanami dengan melihat sakura (bila cuaca memungkinkan) dan photo stop dengan latar belakang Sapporo TV Tower. kemudian Sapporo Beer Museum dimana Anda dapat mencoba salah satu merk bir tertua dan paling popular di Jepang. Tidak lupa juga Anda akan diajak untuk berbelanja di Tanukikoji salah satu tempat perbelanjaan yang sangat terkenal di Sapporo.
(Makan Pagi, Makan Siang, Makan Malam)
Akomodasi: Sapporo Odori View Hotel atau setaraf



DAY 7.    SAPPORO - OTARU - SAPPORO
Setelah sarapan pagi, perjalanan dilanjutkan menuju kota pelabuhan kecil yang terkenal dengan kanal-kanalnya yang indah yaitu Otaru. Disana Anda akan diajak untuk mengunjungi Otaru Canal yang merupakan jalur transportasi utama pengangkutan barang dari pelabuhan pada abad ke 20, lalu dilanjutkan menuju Kitaichi Glass sebuah pabrik pembuatan gelas yang sangat terkenal. Kemudian mengunjungi Music Box Museum yaitu bangunan tua yang sangat unik dimana Anda dapat melihat berbagai jenis dan ukuran dari kotak musik yang merupakan hasil kerajinan utama masyarakat lokal di Otaru. Sore hari perjalanan kembali menuju Sapporo untuk mengunjungi Shiroi Koibito, dimana Anda dapat menikmati coklat dan cookies dari Ishiya sambil melihat proses pembuatan dari coklat tersebut.   Kemudian berbelanja di Mitsut Outlet Kitahiroshima, salah satu outlet yang sangat terkenal di Hokkaido.
(Makan Pagi, Makan Siang, Makan Malam)
Akomodasi: Sapporo Odori View Hotel atau setaraf


DAY 8.    CHITOSE - NARITA DENGAN NH 2154 / 13.30 - 15.15, NARITA - JAKARTA DENGAN NH 835 / 18.05 - 23.55
Hari ini anda akan diantar menuju airport untuk penerbangan menuju Jakarta via Narita.
(Makan Pagi)



BIAYA TOUR DALAM RIBUAN RUPIAH (IDR)
DEPT

AL

DTS
A12D1
A12D2E
A12D2T
MAY : 06
NH
26.990
25.700
25.700
22.500
MAY : 06
NH
26.500
25.200
25.200
22.100


KETERANGAN : 

·         DEPT : Keberangkatan
·         AL : Airlines
·         DTS : Dewasa twin sharing
·         A12D1 : Anak dibawah 12 tahun sekamar dengan 1 dewasa
·         A12D2E : Anak dibawah 12 tahun sekamar dengan 2 dewasa (dengan extra bed)
·         A12D2T Anak dibawah 12 tahun sekamar dengan 2 dewasa (tanpa extra bed)


HARGA TERMASUK AIRPORT TAX INTERNATIONAL & FUEL SURCHARGE 



BIAYA TAMBAHAN :

·         Single Supplement : IDR 7.250.000/orang
·         Visa Japan
·         Tipping yang diwajibkan : (Pembayaran tips dilakukan di negara tujuan dengan mata uang setempat)
·         Tipping Tour Leader : IDR 30.000/orang/hari

·         Tipping Local Guide  & Driver : IDR 70.000/orang/hari  



HAL - HAL PERHATIAN :
·         Group akan diberangkatkan jika jumlah peserta mencapai minimum 20 orang dewasa/group
·         Pendaftaran harus disertai pembayaran uang muka  (non refundable deposit) sebesar IDR 6,000,000/peserta, dan pembayaran uang muka hanya menjamin keikut-sertaan dalam paket tour pilihan Anda.

·         Harga tour dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu sebelum pelunasan biaya tour dilakukan, walaupun pembayaran uang muka telah dilakukan.

·         Biaya pembatalan oleh peserta dalam waktu :
·         60 - 75 hari sebelum keberangkatan dikenakan biaya sebesar 50% dari harga tour.
·         15 - 59 hari sebelum keberangkatan dikenakan biaya sebesar 80% dari harga tour.
·         Kurang dari 15 hari sebelum keberangkatan dikenakan biaya 100% dari harga tour.
·         Dalam keadaan Force Majeure/terpaksa/tidak teratasi karena bencana alam, kerusuhan, suasana mencekam dan lain - lain, rencana perjalanan dapat dirubah baik susunan maupun jadwalnya tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, hal ini demi kepentingan dan keamanan seluruh rombongan ATS dan TURINDO. Dalam hal ini ATS dan TURINDO tidak bertanggung jawab dalam pengembalian biaya atau uang atas service yang sudah dibayarkan yang tidak digunakan, termasuk dan tidak terbatas pada biaya tambahan.
·         Demi kelancaran tour, acara perjalanan dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
·         Produk ini dilindungi oleh Asuransi Perjalanan ACA Newtravelsafe, untuk kenyamanan dan kekhawatiran atas hal-hal tak terduga yang mungkin terjadi selama perjalanan. Manfaat yang dijamin adalah : kematian & cacat tetap akibat kecelakaan, biaya medis, biaya evakuasi, repatriasi medis serta repatriasi jenazah.
·         Note : Syarat dan Kondisi tersebut di atas dan lainnya berlaku sesuai dengan yang tertera dalam brosur product ATS.





Alamat Perusahaan
PT. SUMBER TURINDO
·         Head Office
Jl. Dr. Sutomo 45 Yogyakarta
o    Telepon
0274 - 540000 (Hunting)
0274 - 566629 (Hunting)
o    Fax
0274 - 566673
o    SMS
081 392 540000
o    Website
www.turindo.co.id

Branch Office
Branch Office I Kaliurang
Jl. Kaliurang Km. 6 No. 47 Yogyakarta 
Telepon : 0274 - 884433 
Fax : 0274 - 884333

Branch Office II Gejayan
Jl. Gejayan No.39 Yogyakarta 
Telepon : 0274 - 6429900 
Fax : 0274 - 564452

Branch Office III HOS Cokroaminoto
Jl. HOS Cokroaminto 160 C Yogyakarta 
Telepon : 0274 - 552222 
Fax : 0274 - 619997

Branch Office IV Klaten
Jl. Veteran No. 20 Bareng Lor Klaten Utara 
Telepon : 0272 - 323999 
Fax : 0272 - 327752

Branch Office V Solo
Jl. Slamet Riyadi No.361 Solo 
Telepon : 0271 - 729999 
Fax : 0271 - 7652108

Branch Office VI Salatiga
Ruko Taman Sari No. 7 - 8 Salatiga 
Telepon : 0298 - 325111 
Fax : 0298 - 316596

Branch Office VII Madiun
Jl. Dr. Sutomo 118 Madiun 
Telepon : 0351 - 473333 
Fax : 0351 - 481171

Branch Office VIII Magelang
Skylight Plaza Jl. Tentara Pelajar No.7 Magelang 
Telepon : 0293 - 365555 
Fax : 0293 - 313688

Branch Office IX Purwokerto
Jl. Martadiredja I No. 573 Purwokerto 
Telepon : 0281 - 640999 
Fax : 0281 - 623355




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Religi di Pertapaan Santa Maria Rawaseneng,Temanggung

Tradisi Satu Suro Traji yang Tak Tergerus oleh zaman

ANALISIS PERBEDAAN BIRO PERJALANAN WISATA (BPW) DAN ONLINE TRAVEL AGENT ( OTA)